Informasi seputar manfaat biji buah, manfaat buah, manfaat sayur, dan manfaat alami lainnya

Minggu, 14 Agustus 2016

Manfaat Dan Khasiat Biji Buah Kelor Untuk Kesehatan Dan Penurun Kolesterol

Manfaat Biji Buah Kelor Untuk Kesehatan Dan Beragam Khasiat Biji Buah Kelor Lainnya - Sebagai salah satu negara yang memiliki iklim tropis, Indonesia menjadi habitat bagi beragam tanaman yang memiliki segunang manfaat. Bukan saja tanaman yang bisa dikonsumsi, namun beragam tanaman yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan bisa dugunakan untuk pengobatan alami dan herbal. Tanaman yang memiliki banyak manfaat itu bisa diambil baik daun, pohon maupun buahnya. Salah satu tanaman yang kaya akan manfaat adalah kelor. Banyak sekali manfaat kelor yang bisa digunakan untuk kepentingan kesehatan. Manfaat biji buah kelor untuk kesehatan juga sudah banyak diakui diberbagai kalangan. Seperti halnya manfaat biji mahoni yang juga sangat kaya manfaat.

Manfaat Biji Buah Kelor Untuk Kesehatan
Manfaat Biji Buah Kelor Untuk Kesehatan
Tanaman kelor sendiri adalah tanaman yang memiliki daun dengan ukuran kecil-kecil dengan ukuran tinggi mencapai 5 sampai 7 meter. Dari tanaman ini, kita bisa mengambil manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kemanfaatan yang lainnya. Kalau bagian biji, daun dan bagian batang, kelor sudah diambil manfaatnya sejak jaman dahulu sebaai obat tradisional. Kelor sendiri adalah salah satu kata ynag mungkin sangat akrab di telinga kita karena ada istilah, "dunia tak seluas daun kelor" memang faktanya demikian bahwa daun kelor itu hanya kecil-kecil sahaja.

Namun ternyata, meski daun kelor ini selama ini masih dipandang sebelah mata, ada banyak sekali manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kesehatan yang bisa Anda ambil. Anda mungkin masih terasa asing dengan menggunakan manfaat biji buah kelor untuk kesehatan, namun faktanya manfaat biji buah kelor untuk kesehatan ini sangat banyak sekali. Nah teman-teman, pada kali akan kami bahas bukan saja manfaat biji kelor untuk kesehatan dan khasiat biji kelor untuk kesehatan saja, namun akan kami sajikan lengkap segala macam manfaat kelor mulai dari biji, daun dan buahnya, simak ya.

Manfaat Biji Buah Kelor Untuk Kesehatan Dan Khasiat Biji Buah Kelor


1. Mengandung Gizi Tinggi

Dalam setiap bagian tanaman kelor ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat loh. Mulai dari daun, bunga dan biji buah kelor memiliki manfaat yang tak sedikit. Diantaranya adalah kandungan gizi yang tinggi di dalamnya sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Misalnya manfaat daun kelor, di sana ada terkandung gizi tinggi yang sangat bagus dan juga terdapat nutrisi yang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin dan juga protein. Secara lebih detail, misalkan dalam satu cangkir daun kelor, maka kandungan nutrisi seperti di bawah ini :

- Vitamin B6 mampu menyuplai 19% dari kebutuhan Vitamin 6 harian dalam tubuh manusia
- Protein dengan kapasitas mencapai 2 gram
- Kandungan vitamin C mencapai 12% dari kebutuhan harian vitamin C pada tubuh normal manusia
- Kandungan zat besi mencapai 11% dari kebutuhan harian zat besi pada tubuh manusia
- Vitamin B2 atau riboflavin mencapai 11% dari kebutuhan harian vitamin B2 pada tubuh manusia
- Vitamin A atau beta karoten mencapai 9% dari perhitungan angka kecukupan gizi seimbang pada tubuh manusia
- Magnesium mencapai 8% dari angka kecukupan gizi seimbang pada tubuh manusia

Memang tanaman kelor kaya sekali akan manfaat yang bisa digunakan untuk tubuh manusia. Bukan saja daunnya yang bisa diambil manfaatnya, namun hampir semua bagian pada tanaman kelor bisa digunakan untuk kesehatan. Bahkan untuk daun kelor, banyak yang sudah menggunakannya sebagai bahan herbal pengobatan dengan cara diolah sampai menjadi bubuk yang halus. Dari bubuk ini kemudian diolah baik dijadikan dalam bentuk makanan maupun dalam bentuk obat yang sudah dikemas.

Bunga kelor sendiri juga memiliki nutrisi meski tak sebanyak pada daun kelor, namun meski nutrisi nya sedikit, buah kelor memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kelor, baik manfaat biji buah kelor, manfaat bunga kelor, ataupun manfaat daunnya yang sangat kaya sekali.

Artikel lain :  Manfaat Dan Khasiat Biji Buah Alpukat

2. Kaya Anti Oksidan

Semakin ke sini, anti oksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karena bagaimanapun juga karena perkembangan jaman yang semakin maju, tentunya akan ada semakin banyak radikal bebas yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Polusi dari pabrik, kendaraan bermotor ataupun polusi dari proyek yang lain selalu menimbulkan radikal bebas yang sangat sulit dikendalikan. Dari radikal bebas inilah kemudian akan bisa memunculkan berbagai jenis penyakit seperti kanker dan juga diabetes tipe 2. Nah, untuk menangkal radikal bebas ini, ternyata dalam tanaman kelor sangat banyak tersedia.

Ada zat anti oksidan di dalam tanaman kelor yang sangat melimpah seperti quercetin dan juga asam klorogenat. Quercetin sendiri memiliki fungsi bisa menurunkan kadar gula yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk penderita gula atau diabetes. Sedangkan asam klorogenat sendiri juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu manfaat lain dari tanaman kelor ini adalah bisa digunakan sebagai pengawet alami makanan sehingga bisa awet namun tetap sehat.

3. Mampu Menjadi Penurun Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi atau kadar gula darah yang tak terkendali dalam tubuh manusia akan rentan terhadap penyakit diabetes. Dan jika dibiarkan saha maka gula darah yang tak terkontrol ini ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ternyata dengan mengkonsumsi ekstrak kelor secara teratur bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, Anda seharusnya seudah mengetahui berbagai manfaat tanaman kelor atau juga manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kesehatan tubuh kita.

4. Bisa Mengurangi Peradangan

Radang bisa disebabkan noleh beberapa masalah gangguan kesehatan. Yang paling kerap terjadi adalah radang disebabkan oleh adanya infeksi atau luka baik luka dari dalam maupun luka dari luar tubuh. Radang sendriri sebenarnya adalah salah satu mekanisme dari tubuh sebagai salah satu cara untuk melindungi tubuh dari infeksi luka yang bisa bertambah meluas dan semakin parah. Namun demikian, meski itu adalah salah satu dari mekanisme tubuh untuk melindungi bagian tubuh, Anda tidak boleh membiarkannya dalam waktu yang lama tanpa pengobatan. Karena hal ini akan menimbulkan beragam penyakit serius seperti kanker dan jantung.

Nah, untuk menangani masalah peradangan ini ternyata manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kesehatan bisa diandalkan. Karena biji buah kelor ternyata terbukti bisa menjadi bahan anti inflamasi yang aman dan sehat untuk manusia. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai peradangan yang sering terjadi pada tubuh kita, kita cukup menggunakan biji buah kelor untuk mengatasinya. Namun demikian, akan tetap lebih baik jika Anda juga mengkonsultasikan nya juga dengan dokter terdekat.

Baca juga : Manfaat Dan Khasiat Biji Buah Akar Dewa

5. Mampu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu sumber penyakit modern yang banyak menyerang manusia. Kolesterol saat ini juga menjadi salah satu jenis penyakit yang populer di kalangan umat manusia. Begitu berbahaya karena sering kali orang yang terkenan oenyakit jenis ini tidak menunjukkan gejala gangguan yang signifikan. Namun dengan tiba-tiba datang begitu saja ketika sudah kronis dan parah. Keberadaan kolesterol pada darah sendiri sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tetao saja dalam takaran yang pas tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan, maka itu bisa berbahaya dan bisa mengakibatkan penyumbatan di dalam aliran darah sehingga bisa menimbulkan penyakit serius yang lain seperti jantung, stroke dan bisa juga tekanan darah tinggi.

Jika Anda tidak ingin terjadi penumpukan kolesterol yang berlebih pada tubuh Anda, maka dengan mengkonsumsi ekstrak dari buah kelor secara rutin ini bisa membantu mengendalikan kolesterol dalam tubuh Anda. Manfaatkan beberapa manfaat kelor untuk kesehatan tubuh kita, karena bahan alami yang berasal dari beragam tumbuhan dan tananaman di alam sangat bagus untuk kesehatan selain memang minim sekali resiko.

Nah teman-teman semua, itualah beberapa manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kesehatan yang lain yang bisa kami sampaikan. Sebenarnya masih ada beberapa manfaat biji buah kelor yang belum kami sampaikan kepada Anda. Insyaalloh akan tetap kami sampaikan namun di lain waktu dan kesempatan.


Akhirnya sekian dulu dari kami, semoga artikel di atas mengenai beberapa manfaat biji buah kelor untuk kesehatan dan khasiat biji buah kelor untuk kesehatan tubuh di atas bisa menambah pengetahuan kita mengenai berbagai manfaat kelor. Dan juga selain itu bisa menghindarkan kita dari beragam penyakit dan gangguan kesehatan yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Dan Khasiat Biji Buah Kelor Untuk Kesehatan Dan Penurun Kolesterol

1 komentar:

  1. Terima kasih artikelnya bagus
    saya sedang blogwalking om...
    nitip link ya..
    ditunggu kunjungan baliknya di cara bikin:
    teh kelor organik

    BalasHapus