Informasi seputar manfaat biji buah, manfaat buah, manfaat sayur, dan manfaat alami lainnya

Sabtu, 20 Agustus 2016

Manfaat Biji Buah Mangga Untuk Penyembuh Diare Dan Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Biji Buah Mangga Dan Khasiat Biji Buah Mangga Yang Penting Sekali Untuk Anda Ketahui - Buah mangga adalah salah satu buah yang paling banyak digemari oleh para pecinta buah-buahan. Tak dipungkiri memang, buah musiman ini sangat lezat dengan kandungan gizi yang sangat banyak tentunya. Di Indonesia ini hampir setiap daerah ada bermacam-macam jenis buah mangga. Buah yang sebenarnya berasal dari India ini bisa dinikmati dengan berbagai cara, baik dibuat menjadi makanan, maupun dengan langsung dimakan ketika masak. Jika Anda termasuk penggemar buah mangga, ternyata biji buah mangga itu memiliki banyak manfaat loh. Manfaat biji buah mangga ini sejauh ini memang belum begitu populer di kalangan masyarakat.

Manfaat Biji Buah Mangga Dan Khasiat Biji Buah Mangga
Manfaat Biji Buah Mangga Dan Khasiat Biji Buah Mangga

Manfaat Biji Buah Mangga Dan Khasiat Biji Buah Mangga Yang Penting Sekali 


Namun manfaat biji buah mangga ini ternyata memang benar-benar luar biasa. Hal ini terkait khasiat biji buah mangga, karena memang kandungan senyawa yang ada di dalam mangga tersebut sangat bermanfaat. Zat yang terkandung dalam biji buah mangga sehingga bisa mengeluarkan manfaat biji buah mangga adalah diantaranya sebagaian 19.52% dari berat keseluruhan biji, lemak sejumlah 3,80% dari keseluruhan berat biji mangga serta protein sejumlah 3.78% dari berat keseluruhan biji mangga. Biji mangga selain memang bisa digunakan sebagai bibit, bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat yang sangat bagus.

Bahkan di India, ketika musim paceklik dan mengalami kelaparan yang parah, mereka memanfaatkan manfaat biji buah mangga sebagai pengganti beras dan gandum. Di Indonesia, tepatnya di daerah Jawa, sebenarnya sudah ada yang menggunakan manfaat biji buah mangga sebagai makanan dengan nama Jenang Pelok. Untk Anda yang ingin lebih tahu beberapa khasiat biji buah mangga, simak di bawah ini.

Manfaat Biji Buah Mangga Dan Khasiat Biji Buah Mangga


1. Sebagai Penyembuh Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang sering menyerang manusi. Meskipun terbilang sebuah penyakit yang tergolong penyakit yang mudah disembuhkan, namun jika tidak segera mendapatkan solusi yang benar, maka penyakit ini bisa berakibat sangat berat. Nah, sebagai salah satu cara menyembuhkan diare secara alami adalah dengan menggunakan manfaat biji buah mangga atau pelok. Caranya adalah, persiapkan beberapa biji mangga lalu keringkan di tempat yang teduh. Setelah itu, lembutkan biji buah mangga sampai lembut. Kalau sudah, obat alami ini bisa Anda simpan baru kemudian Anda jadikan sebagai penyembuh diare ketika Anda terserang diare secara tiba-tiba.


2. Bisa Menghindari Listeriosis

Manfaat biji buah mangga selanjutnya adalah benar-benar berguna bagi kebanyakan orang. Yup, wabah Listeriosis yang sangat berbahaya dan mengandung resiko tinggi, ternyata bisa dihindari dengan ramuan yang dibuat dari manfaat biji buah mangga. Kandungan murni biji buah mangga yang berupa Tannin, kemudian diolah dengan Engels dari biji mangga. Zat ini ternyata sangat ampuh dan bisa dibuktikan untuk menghindar dari dampak buruk bakteri termasuk juga untuk Listeria. Listeria sendiri adalah sekenis pathogen yang sangat berbahaya bagi manusia dan bisa mengakibatkan kematian.

3. Bisa Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat biji buah mangga selanjutnya adalah biji buah mangga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Biji buah mangga memiliki khasiat sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah. Jerawat, komedo, dan bahkan juga kulit mati bisa teratasi dengan menggunakan biji buah mangga. Caranya cukup sederhana, gunakan satu biji buah mangga kemudian bersihkan menggunakan air. Kemudian persiapkan juga 2-3 tomat sekaligus juga mangkuk dan sendokknya.

Giling biji buah mangga sampai halus, kemudian campur dengan tomat yang juga sudah dihaluskan. Gunakan kombinasi ini dengan rutin, oleskan kemudian diamkan sekira satu sampai dua menit, setelah itu gosok perlahan-lahan dan jika sudah selesai, basuh dengan air hangat. Namun jika terjadi kulit terasa gatal dan berwarna merah, maka segera hentikan.

4. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Tepung Dan Makanan Tradisional

Manfaat biji buah mangga selanjutnya adalah biji buah mangga bisa digunakan sebagai tepung untuk membuat makanan. Caranya adalah, Anda bisa mengambil bagian tengah dari biji buah mangga, dengan cara buanglah sisi selaput luarnya. Setelah itu, bersihkan biji buah mangga itu lalu keringkan sampai benar-benar kering. Setelah kering, Anda bisa menumbuknya jadi tepung lalu kemudian lakukan penjemuran pada tepung tadi. Nah, setelah dijemur, baru tepung dari biji buah mangga bisa Anda gunakan sebagai campuran berbagai jenis makanan yang ada di daerah Anda.



Nah sobat semua, itulah beberapa manfat biji buah mangga dan khasiat biji buah mangga yang bisa kami sampaikan untuk kesempatan kali ini. Semoga artikel mengenai manfaat biji buah mangga dan khasiat biji buah mangga di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Intinya adalah, jangan pernah meremehkan segala sesuatu, seperti biji buah mangga ini, yang selama ini hanya kita buang jika tidak ditanam, ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat yang sangat berguna untuk manusia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Biji Buah Mangga Untuk Penyembuh Diare Dan Menjaga Kesehatan Kulit

0 komentar:

Posting Komentar